Rabu, 23 Maret 2016

Konsep Informasi



KONSEP INFORMASI

1.      Definisi Data dan Informasi
Data                    : nilai yang mendeskripsikan dari suatu objek atau kejadian / bahan baku informasi
Informasi            : hasil dari pengolahan data dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi
  penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian sehingga akan
  berguna untuk pengambilan keputusan.

      Transformasi data menjadi informasi :

Ket :

A : Data
B : Pengolahan
C : Penyimpanan Data
D : Informasi


2.      Penggunaan Data dan Informasi

Data : dapat berupa alphabet, angka, maupun symbol khusus seperti #, / , * dll.

Ciri-ciri informasi :
1.      Benar/salah
Bila penerima informasi yang salah mempercayainya, akibatnya sama dengan yang benar.
2.      Baru
Informasi dapat sama sekali baru dan segar bagi penerimanya.
3.      Tambahan
Infromasi dapat diperbaharui / memberikan tambahan baru pada informasi yang telah ada.
4.      Korektif
Infromasi dapat menjadi koreksi atas informasi yang salah atau palsu sebelumnya.
5.      Penegas
Informasi dapat mempertegas informasi yang telah ada.


3.      Siklus Informasi

     Gambar Siklus Informasi 
      4.  Mutu Informasi
     Mutu informasi dapat dipandang dari 2 faktor :
1)      Kualitas informasi : bagaimana mutu informasi dipandang dari informasi yang dihasilkan.
Kualitas informasi tergantung dari 3 hal, yaitu :
a.       Akurat               : informasi harus terbebas dari kesalahan, tidak bias/menyesatkan dan
    jelas mencerminkan maksudnya.
b.      Bentuk              : kualitatif / kuantitatif, numerical / grafik, ringkas / rinci.
c.       Frekuensi           : seberapa sering informasi dibutuhkan, dikumpulkan atau dihasilkan.
d.      Kelebarannya    : ruang lingkup, meliputi berbagai bidang atau hanya satu bidang sajak
e.       Asal                   : informasi berasal dari dalam atau dari luar perusahaan / organisasi.
f.       Orientasi waktu : informasi dapat berorientasi pada masa lalu, masa kini dan masa yang
     akan datang.
g.      Tepat waktu      : informasi yang datang kepada penerimanya tidak boleh mengalami
    keterlambatan.
h.      Relevan             : informasi memiliki manfaat bagi penerimanya.
i.        Lengkap            : mengandung semua data – data yang penting yang dibutuhkan semua
     pengguna informasi.
j.        Ekonomis          : informasi yang dihasilkan melalui proses yang ekonomis (segi biaya).
k.      Sederhana         : informasi sebaiknya tidak terlalu kompleks, tidak bertele-tele sehingga
     memudahkan penentuan prioritas.
l.        Bisa dibuktikan : informasi harus dapat dibuktikan, dapat di cek kebenarannya.


2)  Nilai Informasi : bagaimana mutu informasi dipandang dari penerima informasi yaitu pihak manajemen dan user (pengguna) dari SIM tersebut.
Nilai informasi ditentukan oleh 2 hal yaitu :
a.       Biaya mendapatkannya
b.      Manfaat

                 Suatu informasi dikatakan bernilai, bila manfaatnya lebih besar daripada biaya
                 mendapatkannya.

0 komentar:

Posting Komentar